Sejarah, Definisi, Manfaat dan Kegunaan Blog
Sejarah, Definisi, Manfaat dan Kegunaan Blog
Sejarah BloggerPyra Labs merupakan perusahaan yang mengeluarkan sebutan Blogger, dan menjadikan layanan ini sukses besar.
Pendirinya adalah Evan Williams dan Meg Hourihan, dan produk pertama perusahaan ini, juga dinamai ‘Pyra’, merupakan aplikasi web yang dapat menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas. Tahun 1999, masih dalam tahap ujicoba, Pyra diubah menjadi peralatan bernama Blogger. Layanan ini disebarluaskan pada Agustus 1999. Kebanyakan dilakukan oleh Paul Bausch dan Matthew Haughey.
Tahun 2002, Blogger dibuat ulang seluruhnya untuk menawarkannya kepada perusahaan lain, yang pertama adalah Globo dari Brazil.
Perusahaan ini diambil alih Google tahun 2003. Karyawan Pyra Labs pada masa pengambilan alih adalah Evan Williams, Jason Shellen, Steve Jenson, Jason Sutter, Jason Goldman dan Rudy Winnacker.
Tahun 2004, Evan meninggalkan Google. Tahun 2006, Jason Goldman meninggalkan Google. Evan kemudian membentuk Obvious Corp. Meg dikaitkan dengan Kinja dan situs lainnya.
Definisi Blog
Blog berasal dari kata web-log yang artinya catatan di web. Seperti asal katanya, blog mempunyai manfaat utama sebagai media untuk menyampaikan informasi. Baik yang sifatnya pribadi, misalnya catatan harian, ataupun bisa juga digunakan untuk promosi.
Blog juga dapat digunakan untuk menarik minat. Tujuannya adalah menarik orang untuk menuliskan pengalamannya. Namun, penggunaan blog di Indonesia masih terbatas. Masih belum maksimal. Blog yang baik sebenarnya bisa menimbulkan inspirasi bagi pembacanya. Muatan tulisan yang baik tentu bisa memberikan efek baik pula. Contohnya adalah nasihat atau pengalaman berharga.
Melalui blog, kita juga bisa menjaring network, terutama dengan orang-orang yang punya ketertarikan dan hobi yang sama. Dari situ kita bisa bertukar pengalaman dan informasi. (kiy/kkn)
Roy Suryo,
Pakar Telematika
Manfaat dan Kegunaan Blog
Tahun 2002, Blogger dibuat ulang seluruhnya untuk menawarkannya kepada perusahaan lain, yang pertama adalah Globo dari Brazil.
Perusahaan ini diambil alih Google tahun 2003. Karyawan Pyra Labs pada masa pengambilan alih adalah Evan Williams, Jason Shellen, Steve Jenson, Jason Sutter, Jason Goldman dan Rudy Winnacker.
Tahun 2004, Evan meninggalkan Google. Tahun 2006, Jason Goldman meninggalkan Google. Evan kemudian membentuk Obvious Corp. Meg dikaitkan dengan Kinja dan situs lainnya.
Definisi Blog
Blog berasal dari kata web-log yang artinya catatan di web. Seperti asal katanya, blog mempunyai manfaat utama sebagai media untuk menyampaikan informasi. Baik yang sifatnya pribadi, misalnya catatan harian, ataupun bisa juga digunakan untuk promosi.
Blog juga dapat digunakan untuk menarik minat. Tujuannya adalah menarik orang untuk menuliskan pengalamannya. Namun, penggunaan blog di Indonesia masih terbatas. Masih belum maksimal. Blog yang baik sebenarnya bisa menimbulkan inspirasi bagi pembacanya. Muatan tulisan yang baik tentu bisa memberikan efek baik pula. Contohnya adalah nasihat atau pengalaman berharga.
Melalui blog, kita juga bisa menjaring network, terutama dengan orang-orang yang punya ketertarikan dan hobi yang sama. Dari situ kita bisa bertukar pengalaman dan informasi. (kiy/kkn)
Roy Suryo,
Pakar Telematika
Manfaat dan Kegunaan Blog
Apa yang bisa dilakukan di Blog:
1. Blog sebagai jurnal online yang berfungsi menampilkan pemberitaan informasi-informasi dengan topik tertentu seperti informasi produk, gadget dan lain-lainnya
2. Blog berfungsi sebagai website pribadi untuk tujuan membangun branding. Anda dapat membangun branding untuk diri anda sendiri dengan menggunakan blog, caranya Anda postingkan artikel-artikel sesuai dengan branding position diri Anda
3. Blog berfungsi sebagai diary online. Anda dapat menuliskan berita apa saja seputar diri Anda, baik kegiatan yang Anda lakukan, hasil pemikiran, sharing pendapat, dan lain2.
4. Blog berfungsi sebagai website komunitas dimana setiap orang bisa melakukan subscribe sebagai member dan mempostingkan artikel-artikelnya
5. Blog Berfungsi sebagai iklan baris dimana si pemasang iklan dapat melakukan subscribe pada blog dan mempostingkan iklannya
6. Blog berfungsi sebagai website yang menampilkan gambar-gambar, video-video dan lain-lainnya
Apa sih manfaat membuat blog / blogging / ngeblog, dan eksis di blogosphere? Saya mencoba menuliskan manfaat-manfaat dari blog dalam satu entri ini:
1. Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized - untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. Personal Branding
Personal Branding atau self positioning -memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Apa yang anda ingat ketika mendengar “Bapak Blogger Indonesia”? Enda Nasution! Bayangkan jika seorang potential client berkata “Siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? Dengan blog -dan strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan apa megapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.
3. Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi *halah*: Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dll.
4. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
5. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.
Tips: Buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile anda. Orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.
6. Mendapatkan Penghasilan
Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
2. Personal Branding
Personal Branding atau self positioning -memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Apa yang anda ingat ketika mendengar “Bapak Blogger Indonesia”? Enda Nasution! Bayangkan jika seorang potential client berkata “Siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? Dengan blog -dan strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan apa megapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.
3. Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi *halah*: Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dll.
4. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
5. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.
Tips: Buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile anda. Orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.
6. Mendapatkan Penghasilan
Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
Direct Income – Blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll.
Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.
7. Stress Release, Emotion Release
Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan? Hey, blog memfasilitasi hal tersebut. Tapi selalu ingat aturan emasnya: Jangan berlebihan. Jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.
8. Media Memberi, Media Sharing
Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.
9. Jurnal Catatan Kehidupan Anda
Catat semua yang anda rasakan dan publikasikan di blog anda. Suatu hari di kehidupan anda kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. Kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu. Kenangan lama bersemi kembali gitu loh
10. Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan
Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang anda tulis. Pendapat orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kan?
11. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika anda bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi -corporate blogging-, salah satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa baca
Jadi anda tidak bigung lagi kan? tunggu apa lagi ayo mulailah ngeblog sahabat, tingkatkan kreativitas dan saling berbagi ilmu dan pengetahuan sahabat.
Sumber :
Wikipedia
Indonesia
0 Komentar
Berkomentarlah Secara Bijak dan Sopan, No Sara No Spam, Tidak Di Izinkan Untuk Komentar Iklan, Jadilah Netter yang Baik